Profil



UPT Perpustakaan UNESA sebagai UPT dan sebagai perangkat pendukung akademik dalam rangka ikut mendukung perubahan iklim akademik berpijak pada Kepres tentang perubahan IKIP Surabaya berubah menjadi Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dan Keputusan Rektor UNESA tentang kebijakan UNESA tahun 2004. Berangkat dari kebijakan tersebut untuk mewujudkan tugas pokok dan fungsinya, UPT Perpustakaan UNESA perlu melakukan pengembangan dan pembinaan agar tercipta suasana dan lingkungan yang kondusif untuk peningkatan produktivitas kerja secara optimal yang tertuang dalam program kegiatan rutin dan program kegiatan pengembangan.

Visi

Secara umum visi UPT Perpustakaan UNESA adalah sebagai berikut “Mewujudkan UPT Perpustakaan UNESA sebagai lembaga perangkat pendukung akademik menjadi pusat rujukan atau information center of knowledge acces dalam mendukung penyelenggaraan Tri Dharma perguruan tinggi (pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) yang berorientasi untuk memenuhi kebutuhan pembangunan, masyarakat, serta kemanusiaan baik dalam bidang pendidikan maupun non-kependidikan dengan memperhatikan wawasan lokal, nasional, regional dan global.

Misi

Sementara itu misi UPT Perpustakaan UNESA adalah ikut berperan aktif sebagai salah satu perangkat pendukung akademik di UNESA dalam menyelenggarakan visi dan misi lembaga yaitu UNESA. Dengan mengantisipasi wawasan UNESA dimasa mendatang dan memperhatikan serta mencermati fungsi/misi masing-masing komponen, bagian dan unit kerja di lingkungan UNESA, maka secara lebih terperinci misi UPT Perpustakaan UNESA dijabarkan sebagai berikut :

  1. Melaksanakan jasa perpustakaan berupa layanan peminjaman, layanan referensi serta jasa layanan penelusuran informasi dengan bantuan teknologi kepada semua sivitas akademika dengan menekankan pada prinsip kemudahan prosedur serta keterbaruan informasi yang diberikan untuk menunjang berbagai program yang ada di lingkungan UNESA.

  2. Melaksanakan pembinaan dan pengembangan koleksi perpustakaan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta penyediaan jasa penelusuran informasi melalui dukungan teknologi informasi seperti Digital Library, Internet dan CD-ROM.

  3. Melaksanakan penyebaran informasi tentang koleksi terbaru yang dimiliki perpustakaan.

  4. Melaksanakan pemeliharaan koleksi perpustakaan.

  5. Melaksanakan pengembangan sistem perpustakaan, tenaga perpustakaan dan kerjasama antar perpustakaan dan badan atau lembaga lain.

  6. Melaksanakan pengolahan dan penyimpanan koleksi perpustakaan baik secara manual maupun dengan bantuan teknologi informasi untuk pendayagunaan berbagai informasi ilmiah yang tersedia secara maksimal.